PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL NASIONAL

Saat ini, salah satu poin penting dalam menjalankan kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi bidang penelitian adalah mempublikasikan hasil penelitiannya. Publikasi yang dilakukan komunitas akademik Perguruan Tinggi memberikan dampak yang cukup besar terhadap pembangnan masyarakat, bangsa, dan negara, maupun terhadap kinerja Perguruan Tingginya.Oleh karenanya tidaklah keliru apabila Pemerintah melalui peraturan perundang-undangannya telah mewajibkan publikasi baik kepada Dosen maupun Mahasiswa. Dengan demikian, Dosen dituntutuntuk aktif meneliti serta mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional.
Perkembangan karya ilmiah di Indonesia relatif makin baik, terutama sejak diberlakukannya regulasi pemerintah yang mewajibkan dan memberikan porsi nilai publikasi yang sangat besar dalam penilaian kinerja penelitian dosen baik untuk penilaian beban kerja dosen, kenaikan pangkat/jabatan fungsional dosen, maupun untuk akreditas Program Studi/Institusi.Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Nomor 17 Tahun 2013, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 92 Tahun 2014 tentang kenaikan jenjang jabatan akademik Dosen, mewajibkan seluruh Dosen untuk melakukan publikasi hasil penelitiannya pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan/atau jurnal internasional bereputasi. Kebijakan ini memberikan arah dan tujuan agar publikasi ilmiah dosen di Indonesia terus ditingkatkan dan sampai kepada masyarakat pengguna sehingga hasil temuan dari penelitian Dosen berupa evidence (bukti/kebenaran/fakta/data) di lapangan baik di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna.

Pelatihan ini ditujukan bagi Dosen Universitas Perjuangan yang relatif masih muda serta sangat potensial untuk didorong agar dapat berkembang seperti yang diharapkan. Oleh karena itu tujuan dari pelatihan ini adalah:
1. Memberikan pengetahuan bagi para dosen yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal, khususnya bagi dosen muda.
2. Meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah untuk diterbitkan pada jurnal nasional bagi para dosen.
3. Mendorong para dosen untuk meningkatkan jumlah publikasi hasil penelitiannya.

Narasumber dan fasilitator pelatihan terdiri atas:
1. Prof. Dr. Yus Darusman, Drs, M.Si (Rektor Universitas Perjuangan)
2. Dr. Eming Sudiana, M.Si. (Ketua LP2M Universitas Perjuangan)
3. Dr. Bambang Heru Budianto, M.S. (Mitra Bestari Jurnal Biosfera)
4. Romanus Edi Prabowo, Ph.D, Mh.D